I’m Done Playing with Nokia Font

March 15, 2010 at 9:52 pm 7 comments


Punya ponsel multimedia Nokia seri N bikin egoku gatel untuk oprek-oprek atau utek-utek isinya, mulai dari install segala rupa game (yang bisa dimaenin secara offline, misalnya Sudoku, Prince of Persia atau Office Challenge), install aplikasi aneh macem kalender khusus wanita atau e-book Sherlock Holmes, sampe sistem pun aku maenin seperti ngubah jenis font atau huruf. Aku malah nggak terlalu banyak masukin dokumen multimedia seperti lagu atau foto dan video, sebab aku tidak menggunakan ponsel ini untuk mendengarkan lagu dan album foto pun tidak digunakan untuk menyimpan koleksi foto. Kebanyakan adalah foto-foto yang baru dijepret (dengan sangat awamnya), yang belum sempet disimpan di komputer.

Sebetulnya nggak ada yang salah dengan huruf standar Nokia. Kutegaskan lagi, disini egokulah yang sedang berkreasi. Hurufnya sudah cantik, namun aku bosan melihatnya. Terlalu standar. Jadi, dipasanglah aplikasi FlipFont, yang fungsinya mengubah huruf standar menjadi huruf-huruf berbentuk aneh dan unik. Sayangnya aplikasi ini hanya bisa dipakai selama sekitar satu minggu atau aku harus membayar sekian dolar untuk menggunakannya selamanya. Apakah aku membayar? Tentu saja… tidak.

Tak kehabisan akal, aku pun berkonsultasi dengan paman paling murah hati di dunia, paman Google. Ternyata memang ada trik mengubah huruf standar menjadi huruf-huruf lain tanpa perlu install aplikasi, dengan cara mengutak-utik drive-drive yang ada di dalam ponsel (selain drive untuk memori telepon dan kartu memori), dengan cara yang dipaparkan sangat jelas. Klik disini untuk membacanya.

Cukup sekali mencoba, voila! Ponselku pun tampil beda dengan huruf baru yang cantik! Walaupun ada beberapa karakter yang tidak dikenali, tetep bikin aku semangat ngeliatin layar ponsel.

Semua berjalan normal sampai ketika aku, yang belum bisa mengekang emosiku untuk mencoba hal-hal baru, tergerak ingin mencoba jenis huruf lainnya. Setelah mencari-cari dari sekian ribu jenis huruf di laptop, akhirnya aku menemukan 5-6 huruf cantik. Ketika tiba waktunya transfer data melalui kabel data… tiba-tiba mode Data Transfer, yang memfungsikan ponsel ini sebagai flash disk, tidak berfungsi sama sekali. Penyebabnya ada aplikasi yang sedang berjalan namun tidak kuketahui. Aku menduga ada hubungannya dengan huruf yang baru kuutak-utik ini, dan mencoba menemukan solusi kepada pamanku lagi, dan ternyata betul. Sesuatu sedang bekerja diam-diam dan itu ada hubungannya dengan huruf. Dan gimana cara matiinnya, coba? Huruf itu kan selalu digunakan. Solusi di Internet nggak ada yang berhasil di ponselku, seperti mencabut memory card (ponsel ini kan memory card-nya built-in), rename file huruf (file-nya nggak mau di-rename, move atau delete) dan terakhir format telepon (aku belum siap mencoba yang satu ini).

Akhirnya kuputuskan mencari cara sendiri. Format memory card! Kenapa nggak ada yang menyarankan cara ini dimana-mana? Daripada harus format total ponselku yang kemungkinan besar akan menghapus semua sms, kontak, kalender, notes dan lain-lain? Dan lagi memang tidak ada jalan lain selain memformat sesuatu, kan? Jadi, setelah mem-backup isi memory card melalui PC Suite dan copy-paste manual juga untuk jaga-jaga, aku pun memformat memory card dengan perasaan enteng. Hasilnya…

Sukses!

Ponsel sudah bisa berfungsi sebagai flash disk lagi, dan asyiknya, huruf unik itupun masih bertahan! Jadi, format memory card betul-betul merupakan cara yang paling tepat. Dan setelah itu, bisa ditebak. Egoku nggak mau kalah lagi. Mulailah macem-macem huruf lucu diujicoba di ponselku. Apa keliatan bagus? Apa bikin aku tambah semangat mengetik?😀 Dan setelah 3-4 huruf aku masukin (tentu saja aku berkali-kali memformat memory card lagi agar fungsi flash disknya berfungsi🙂 ) akhirnya kuputuskan memakai huruf standar saja🙂

Huruf lain boleh cantik, tapi seringkali tidak dapat menampilkan karakter-karakter tertentu seperti angka 9 (aneh), simbol hati ♥ atau nada ♫ ♪ dan pindah baris atau enter. Ada juga yang weight-nya terlalu tipis, nyaris nggak kebaca. Yah, dasar ego sih ya…

Pesan yang bisa diambil dari postingan kurang penting ini:

  • Untuk pengguna ponsel Nokia seri N: berhati-hatilah jika bermain dengan huruf!
  • Untuk pengguna ponsel non-Nokia: syukuri apa yang ada🙂

Oke, sampai jumpa di postingan berikutnya. Kuharap aku akan lebih banyak menulis, penting maupun nggak🙂

Entry filed under: Relax, Take It Easy. Tags: , , , , , , , .

Without Friends, What Will We be? I’m Here. I’m Bloody Here!

7 Comments Add your own

  • 1. rubahnakal  |  March 28, 2010 at 5:45 pm

    ow kk wow, kalo hp ku symbian versi berapa ya ? s60 pokoknya, kalo mo ganti font gampang aja, pertama pake font remover, trus masukin dah jenis font HP kalo gak salah format nya .gdr , bisa juga font maker buat di jadiin format .gdr hehe, kayaknya N series lebih ribet ya😀

    Reply
  • 2. emmychen  |  April 20, 2010 at 5:31 am

    hahahahah segitunyaaaaaaa demi tulisan baru di hp😛

    Reply
    • 3. Fansi  |  December 31, 2010 at 9:44 pm

      Iyah say, aku suka banget sama font2an gitu soalnya😀
      Ga penting banget yah hehehe.

      Reply
  • 4. titiw  |  July 21, 2010 at 9:00 pm

    My gat, fansi tuh sebenernya masih ngeblog gak siih?? Hemph.. maaf nih jadi OOT..😀

    Reply
    • 5. Fansi  |  December 31, 2010 at 9:42 pm

      Masih mbak😀
      Hehe.. *ketawa miris*

      Reply
  • 6. septianw  |  September 4, 2010 at 8:35 am

    weeee. lama sekali tidak mampir sini. kulu kukira empunya blog ini cowok eh ternyata cewek. tapi cewek kok teknis banget ya? whatever lah.

    hehehe, ganti font tentu saja gak sembarangan. kalo ganti tentunya pilih yang kompatibel penuh sama HPnya. kalo gak ya gitu deh beberapa karakter ilang. tapi font HP kok ada program yang jalan di belakang kayak gitu ya? berarti bukan beneran font dong itu?

    Reply
    • 7. Fansi  |  December 31, 2010 at 9:43 pm

      Saya paling cerewet kalo udah urusan font😉
      Iyah ga ngerti juga, jadi harus repot format memory card😦
      Btw, makasih sudah berkunjung.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Thank you for visiting my blog! I hope you enjoy your time here. Please forgive me for any bad words or pictures I might undeliberately put in here. Please leave some comments and thank you for coming back again.

RSS Quote of the Day

  • G. K. Chesterton
    "There is a great deal of difference between an eager man who wants to read a book and the tired man who wants a book to read."

My Tweets

Contact

Books I Love

Monthly Posts

Other Information

Click to view my Personality Profile page

Content copyrighted.


%d bloggers like this: