Confessions of a Bookaholic

June 16, 2008 at 9:57 pm 4 comments


Confessions of a Shopaholic Confessions of a Shopaholic? Ih, itu kan buku lama… jaman aku masi SMP. Dan aku baru baca sekarang? Ya ampun, kemana aja neng? Kerjaan cuman bolak-balik rumah-sekolah (jaman belom kuliah) dan sekarang bolak-balik rumah-kampus, dan gak ada waktu untuk mengenal buku fenomenal ini? Ngakunya suka buku. Pembohongan publik dong namanya!

Miss Kinsella Anyway, sudah cukup ngebacotnya. Bisa diem gak sekarang? Duduk manis, lipet tangan dan kaki, berenti mikirin dia (oke, yang terakhir ini aku gak sanggup). Jadi, minggu lalu aku pinjem novel bergenre chick-lit karya Sophie Kinsella berjudul… ah, sudah saya sebutkan bukan di awal postingan ini? Yang pasti, novel ini adalah awal dari terciptanya novel-novel Shopaholic lainnya seperti Shopaholic Abroad, Shopaholic & Sister, dan lain-lain. Kenapa dengan pedenya nona Madeleine Wickham (yes, Sophie Kinsella hanyalah sebuah nama pena dan the fact is she is married so ungkapan ‘nona’ sebetulnya tidak cocok, tapi aku pengen nulis gitu, jadi apa aku salah?) ini terus-menerus bikin novel dengan judul berbau Shopaholic? Simply because the first novel hits the top. Sukses besar. Everybody (well, every girl) loves reading it, termasuk aku. Ceritanya lucu, detail, sangat perempuan sekali, jujur, dan kadang ada bagian-bagian yang terasa mirip seperti hidupku (contohnya kalo pas Becky diajak ngomong soal keuangan dan dia pura-pura mengerti padahal aslinya otaknya gak nyambung).

Sayang aku cuman pinjem! Novel kayak gini nih harusnya menjadi hak milik. Soalnya baguuuus banget.

Ceritanya, Rebecca Bloomwood a.k.a. Becky adalah cewek yang hobi belanja. Banget. Dia kecanduan belanja. Dia hafal segala rupa merek baju, sepatu, dan segala fashion item laen. Tiap jalan-jalan dan matanya tertumbuk pada toko baju (butik sih sebenernya, butik mahal pula), apalagi kalo ada tulisan ‘sale’, dia gak bisa menahan dirinya untuk beli apalah dari toko itu. Padahal dia gak butuh benda-benda itu. Yah, dia cuman napsu aja belinya, you know, perasaan memiliki sesuatu yang baru itu selalu menyenangkan! Apalagi sesuatu itu berwujud pakaian atau alas kaki atau aksesoris–uh, I cannot stand them myself! Cewek mana yang gak suka melihat, membeli dan mengenakan baju-baju bagus?

Dan akhirnya Becky jadi rajin ngutang. Secara doi sering membayar pembeliannya itu dengan kartu kredit. Jadi dia pun ngutang ke beberapa bank penyedia kartu-kartu kreditnya, dan permasalahannya disini adalah, Becky gak punya cukup uang untuk membayar utang-utangnya itu. What is she going to do, then? Bacalah, bacalah, dan tertawalah atas kekonyolan jurnalis keuangan Fulham satu ini. Ha ha ha.

Ketika novel ini harus dikembaliin (dengan sangat berat hati), aku udah baca ulang lagi sekitar… duapuluh kali. Ya, aku sampe hafal letak cerita x di bab apa dan letak cerita y di bab apa. Lucu dan memabukkan, bikin ketagihan banget deh pokoknya… (ah, jadi inget seseorang yang memberi kesan tidak jauh berbeda)

Novel-o-meter:
Karakter & penokohan: 8 dari 10
Setting: 9 dari 10
Cerita & alur: 9,5 dari 10
Ending: 7 dari 10 (aku gak suka endingnya yang tiba-tiba menjadi terlalu mudah bagi seseorang yang tadinya terjerat utang kartu kredit ribuan pounds)
Packaging: 8 dari 10
Rating keseluruhan: 9 dari 10

Ehm, tumben ada book-o-meter segala? Iya, lagi napsu membuat o-meter nih. Di resensi-resensi bukuku sebelumnya emang lagi gak napsu. Yah, siapa yang bisa menyalahkan napsu? Namanya juga napsu. Hanya datang sesekali, dan hanya Tuhan yang tau kapan napsu itu menguasai libido blogging-book-reviewing seorang Fansi.

Sebuah quote dari Rebecca Bloomwood yang aku suka banget: “… aku suka baju baru. Seandainya semua orang di dunia memakai baju baru setiap hari, maka tidak akan ada depresi.” Pas banget! Aku yakin itu betul. Baju kan mempengaruhi mood (itu bener-bener kejadian ama aku). Kalo aku pake baju yang gak nyaman, biasanya moodku bakal terpengaruh (buruk). Sebaliknya, kalo aku make baju yang bikin aku percaya diri (dan merasa cantik, puh!) maka secara keseluruhan mood aku hari itu akan dipengaruhi mood yang bagus. Hahaha. Aneh? Biarin. Buktinya Sophie Kinsella bisa ngerti perasaan aku.

See you on my next book review, dan… books, I just wanna tell you how much I love you stacks.

Isla Fisher Hugh Dancy

P.S. Ya ampun, untung aku baca buku ini sebelum filmnya dirilis (then I’m not so left out)! Ya, film yang diadaptasi dari novel ini memang sedang dibuat sekarang, dibintangi Isla Fisher (tunangannya Sacha Baron Cohen! Damn, she’s so lucky!) dan Hugh Dancy.

Entry filed under: Books. Tags: .

Upside Down = Madly In Love Is She Going to America?

4 Comments Add your own

  • 1. Permana  |  June 17, 2008 at 12:21 am

    Pertamaxx .. hehehe bcanda …

    Novelnya tentang shopaholic ya ? aku seneng sama semua bacaan yang ada “holic”-nya. Shopaholic, kok identik dengan cewek ya.😀

    Btw, pinter banget fancy bikin sinopsis and menggal ceritanya, .. jadi tertarik nih😀

    iya, cewek banget emang Per. ah, kmu jadi tertarik? harusnya aku dibayar nih ama mbak Sophie! (tadi sapa ya nama aslinya?)

    Reply
  • 2. Rp.ismail,00  |  June 17, 2008 at 12:50 am

    lucu ya? bagus ya?

    ud slese baca yg Shopaholic Abroad?

    mau terusannya ga? bilang mbakku dulu ye.. (padahal yg kmaren” ga pake minta ijin… ehehehe)

    aku kok ga tertarik ntn pilmnya ya??
    hummm…

    Shopaholic Abroadnya masi halaman 195. aku juga ga tertarik sih ama filmnya… tp klo ada duit lebih, tetep pengen nonton. hihi.

    Reply
  • 3. Is She Going to America? « Howdy, Fansi.™  |  June 18, 2008 at 7:38 pm

    […] Who I am Confessions of a Bookaholic […]

    Reply
  • 4. tongki  |  June 27, 2008 at 10:20 am

    wah, ini mah bacaan yang sangat pas buat cewek metropolis sekarang, nuker link ya…

    ga harus cewe metropolis kok, cowo juga ada tuh yg suka *ngelirik*. thanks for linkbacking me.

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Thank you for visiting my blog! I hope you enjoy your time here. Please forgive me for any bad words or pictures I might undeliberately put in here. Please leave some comments and thank you for coming back again.

RSS Quote of the Day

  • G. K. Chesterton
    "There is a great deal of difference between an eager man who wants to read a book and the tired man who wants a book to read."

My Tweets

Contact

Books I Love

Monthly Posts

Other Information

Click to view my Personality Profile page

Content copyrighted.


