Ayat-ayat Cinta (Movie)

March 4, 2008 at 6:53 pm 9 comments


Disclaimer: buat yang belom nonton film ini, pikir baek-baek sebelum baca karena adanya kemungkinan spoiler di dalem tulisan ini. Gak seru kan nonton tapi udah tau ceritanya? Jadi, pikirkanlah… pikirkanlah.

Tulis tentang film ini gak ya? Ini kan film sejuta umat. Males ngelakuin sesuatu yang dilakuin banyak orang. Tulis, gak, tulis, gak… Gak aja ah. Oke, kompromi. Aku bikin outline-nya aja.

Judul film: Ayat-ayat Cinta
Tanggal rilis: 24 Februari 2008
Tanggal nonton: 3 Maret 2008
Sutradara: Hanung Bramantyo (Jomblo, Get Married)
Penulis naskah:
Salman Aristo & Ginatri S. Noer (dari novel Kang Abik)
Produser: Manooj Punjabi
PH:
MD Pictures
Durasi:
sekitar 2 jam
Pemain: Fedi Nuril (Garasi, Tentang Cinta), Rianti R. Cartwright (D’bijis, Belahan Jiwa), Carissa Puteri, Melanie Putria, Zaskia Adya Mecca, Surya Saputra (LOVE, Arisan!), dkk
Lokasi shooting:
Jakarta, Semarang, Jodhpur (India)
Akting:
(1-10, 10 terbaik) Fedi 7, Rianti 8, Carissa 9, Melanie 7.5, Zaskia 6.5, Surya 7, dkk ga tau
Rating keseluruhan: 9 dari 10
Pesen religius film:

» menikahlah secepetnya. Untuk menghindari fitnah, bikin hati tenang, menyempurnakan setengah agama, trus… apalagi yak?
» abis solat subuh, jangan tidur lagi. Beresin rumah kek, belajar kek, baca koran kek, nelfonin orang-orang biar bangun kek.
» hindari kontak mata atau kontak tubuh laen dengan perempuan (akhwat) yang bukan muhrimnya (gak ada hubungan darah) karena dikhawatirkan zina. Cepet-cepet ucapin “astaghfirullah” kalo terlanjur.

Banyak sebenernya, tapi subjektif ah. Mending nonton sendiri deh, you guys!

Mas Hanung
NYENGIR: Karena bosen liat poster film AAC yang gitu-gitu aja, ni saya pajang aja foto orang-di-balik-layar yang udah bersusah-payah bikin film ini…
.

Dan ini outline tentang saya, yang sebenernya amat sangat tidak penting:

What I like:
» cerita yang temanya unik
» bagus, digarap dengan serius (bahkan penuh pengorbanan dan persoalan)
» banyak pelajaran tentang ilmu agama Islam
» gambar bagus (kayak sepia gitu)
» plot rapi, dialog gak pretensius
» outfit cocok
» lagu enak-enak

What I dislike:
» lagu suka tiba-tiba ngagetin (diputer pas lagi cemen-cemennya nonton adegan sedih)
» penggunaan bahasa yang ngebingungin (orang Mesir banyak yang bisa bahasa Indonesia ya?)
» aktingnya Zaskia kayak sinetron (overreact)
» bentuk mukanya Fedi pas nangis di depan Maria tu jelek banget, kayak bukan nangis tapi lebih mirip orang pup (spoiler dikit gapapa ya)
» pengambilan gambar untuk suasana kota kurang diekspos (munculnya sepotong-sepotong dan bahkan ada kesan kayak ditempel; tapi aku ngerti, dapetin suasana Kairo yang bener tuh sangat sangat susah)
» karakter yang diperanin Dennis Adhiswara terkesan annoying dan buang-buang frame (ini mah emang Dennis banget, perannya gak pernah penting)

Temen nonton: pacar
Lokasi:
XXI Surabaya Town Square, Studio 1
Jam:
12.30 WIB (teng!)
Tarif:
Rp15,000/orang
Penilaian studio:
9 dari 10 (bersih, baru, gede, sound keren, luas)
Kejadian sebelum masuk studio:
makan chick fillet burger Wendy’s
Kejadian nyenengin pas nonton:
aku berhasil mengekspos emosiku, yang biasanya gak keluar kalo nonton film Indonesia… Emosi apakah itu? Hmmm…
Kejadian nyebelin pas nonton:
filmnya mati TIGA KALI. Dadakan! Gelap! Tiba-tiba aja gitu, bleb! Mati. Teriakan protes pun membahana di studio raksasa itu. Pertama, pas Fahri nerima keranjang berisi botol dan uang titipan Maria, kira-kira 15 menit setelah film dimulai. Kedua, pas Aisha nyari bukti surat cinta Noura untuk Fahri di rumah almarhum ustad sapagitu. Ketiga, kayaknya sengaja dimatiin karena setelah tragedi mati yang kedua tadi, tiba-tiba gambar idup di adegan yang berbeda. Jadi mo dibenerin dulu gitu. Dan memang, adegan yang salah-puter tadi tuh jauh banget, udah setelahnya pengadilan yang pas para saksi bicara itu… (termasuk karakter ayahnya Noura yang tampangnya serem pas nunjuk-nunjuk itu). Heran, ini kan namanya ngerusak citra XXI ya?
Kejadian setelah keluar studio:
cerita-cerita tentang film ama pacar, makan satu donat J-Crown sambil duduk dan poto-poto narsis-tapi-gagal

Ternyata, ketika aku dan beberapa orang nyebelin yang ribut banget pas nonton lagi menikmati adegan demi adegan mencemenkan sekaligus menginspirasi di film ini, kota Surabaya lagi diguyur hujan deres. Konon katanya, banjir di daerah jalan Gembong (dimana ya!?) sampe setinggi perut orang dewasa. Banjir terparah sepanjang musim penghujan ini deh (Jawa Pos, 4 Maret 2007). Berkat AAC, kita gak keujanan dan kebanjiran deh… Alhamdulillah.

Aku juga butuh masukan nih. Pengen beli album soundtracknya, worth it gak ya? Apa lebih baek download aja dari internet? Dosa sih… But I love my money… Please advice me, fellas.

Jadi, jangan lupa nonton film ini ya. Gak untuk orang muslim aja kok. You’ll be going to learn everything about life (and Islam) from here.

Entry filed under: Films, Life Lessons. Tags: .

Aku 64% Orang Indonesia (Lagi Males Bilang “Gue”…) Oh Indonesiaku.

9 Comments Add your own

  • 1. fajar_error  |  March 6, 2008 at 2:15 pm

    AAC diangkat dengan penuh nuansa hitam putih.
    Dan hitam putih itu adalah keunggulannya.
    Aku suka banget nie film.

    Semua yang ada terlihat begitu nyata.
    Walau terkadang tersirat.
    AAC melukiskan semua itu.
    AAC tak sekedar ayat2 yang melukiskan arti cinta.
    Namun kehidupan juga.
    Hidup yang slalu dinaungi cinta dari yang ESA.

    Awal berbicara bahwa hidup dan cinta adalah perjuangan yang keras dan terjal.
    Tengah berkata bahwa mencapai klimaks tidaklah gampang.
    Keputusan2 yang penting harus diambil.
    Ending menunjukkan klimaks tidak slalu berakhir sesuai dengan keinginan.
    Happy atau sedih tergantung sudut pandang masing2 nilainya.

    AAC atau AADC
    Huruf “C” yang penuh arti.
    BAik dalam hidup ataupun ketidakpastian.

    yup, balik lagi ke tiap personal. kok tiba-tiba ada ‘D’ Jar? ini bukan tandingan film lawas itu…

    Reply
  • 2. konjiel  |  March 6, 2008 at 2:20 pm

    wik..
    gila yap..
    si perdi nuril ada adegan nangis!!(emang cemen si)tapi pena gak si mikir susahnya akting nangis?tuh kalo pengen liat orang akting nangis tapi idiot liat aja sinetron di tipi…palagi kalo cowok..
    cowok tu lebih susa buwat akting nangis!!
    tp perdi uiiihh…
    cuuuuurrrr…
    mancur…
    hikz..
    trus si riyanti yummy..
    mau banget punya istri kek gitu..

    dennis adiswara?
    gitu” dy juga udah pena bikin pilem lo!
    tp ak juga heran tu bocah kok sering nongol jadi cemeo gitu yap?

    hum..
    overall bagus…
    pengen liat lagi hohoho

    yg ngilfilin cuman pas Maria mati aja kok Pan… yg laennya sih bagus, dia emang cukup menjiwai. Fedi, don’t cry, come to mama… hahaha… yah, knapa jadi cameo, abisan dia mungkin ga pernah cocok jadi pemeran utama kali ye? ho’oh, aku juga pengen nonton lagi, kapan ni? sms aja ya waktu dan tempatnya😳

    Reply
  • 3. aLdo  |  March 6, 2008 at 5:29 pm

    lagi rame bicarain aac nih…
    seru juga..
    emang filmnya rada beda sama novelnya. aq sendiri rada ilfil gara” itu. tapi salut buat musiknya jadi bisa ngerasain feel di filmnya.
    soal akting, carissa sama rianti emang top! ga salah mereka ngambil 2 aktris itu.

    tapi dari semuanya, yg paling top tetep hanung, apalagi setelah baca berbagai perjuangannya supaya bisa mewujudkan film ini…

    2 thumbs up for you!

    kalo kita bisa menikmati filmnya tanpa sibug ngebanding-bandingin ama bukunya, ni film bagus bgt kok Do. iyah, Hanung, kasian sekali dirimu nak, eh, pak… tapi ya itu, aku juga jadinya respek ama dia! kayaknya, untuk sementara, dia deh sutradara paling ‘berani-sekaligus-sukses’ di antara persaingan sutradara” lokal yg ada skarang ini…

    Reply
  • 4. titiw  |  March 8, 2008 at 1:50 pm

    Saya sudah nonton!! kamu tuh detail banget yaa!! apa jangan2 virgo? *sotoy.com*
    Tapi apakah kamu sudah baca bukunya? kalo belom, banyak adegan2 penting yg dipotong. Si pembuat film mungkin assume kalo penonton udah baca bukunya kali yee.. Yg jelas saya seneng karna orang indonesia mangkin menghargai film sendiri.. Hehehe…

    aku udah baca bukunya, tapi ga semembaca itu… (ngerti ga?) yah, abisnya penulis bukunya juga gak teges kayak J.K. Rowling pas jaman-jaman pembuatan Harry Potter pertama dan kedua sih; doi nuntut filmnya harus persis bukunya. eh, ini analisis pribadi sih, hehehe… there must be good reasons.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Thank you for visiting my blog! I hope you enjoy your time here. Please forgive me for any bad words or pictures I might undeliberately put in here. Please leave some comments and thank you for coming back again.

RSS Quote of the Day

  • Al Franken
    "Mistakes are a part of being human. Appreciate your mistakes for what they are: precious life lessons that can only be learned the hard way. Unless it's a fatal mistake, which, at least, others can learn from."

My Tweets

Contact

Books I Love

Monthly Posts

Other Information

Click to view my Personality Profile page

Content copyrighted.


%d bloggers like this: