Heart Attack

January 13, 2008 at 4:04 pm 1 comment


Kadang gw heran ada orang-orang yang punya kepribadian unik. Bisa membedakan ketika harus serius dan ngebanyol. Sometimes I ask, can I? Susah… Gw lebih sering gak seriusnya, padahal masalah yang menghadang adalah sesuatu yang harus diselesaikan dengan penuh pemikiran, kebijaksanaan, idealisme, dan… apalah itu…

Gw jadi nulis gak jelas kek diatas gara-gara abis baca blognya orang keren. Yang tulisannya bikin gw mikir dan (nyaris) introspeksi. Merenung. Mikir. Karena yang dibahas seringkali adalah hubungan-hubungan dunia dan akhirat, dan sesekali tentang cinta (yang gak cemen).

Dan… Ini gw ada info sangat berharga. Ngutip dari sebuah artikel mini di sebuah harian ibukota.

“Bergaul Cegah Sakit Jantung”

Ingin dijauhi penyakit pernapasan atau jantung? Banyak-banyaklah bergaul atau berinteraksi dengan orang lain.

Saran ini diberikan tim peneliti yang dipimpin Beverly A. Shipley dari University of Edinburgh, Skotlandia. Saran itu dibuat seusai meneliti tingkat kematian dari 5.424 orang selama 21 tahun setelah mereka menyelesaikan uji kepribadian.

Penelitian tim tersebut menemukan, mereka yang aktif bergaul dan berinteraksi dengan orang lain memiliki kadar depresi dan kegelisahan rendah. Adapun sebaliknya, memiliki kadar depresi dan kegelisahan yang lebih tinggi.

Depresi dan kegelisahan itulah yang bisa memicu neurosis, yaitu gangguan syaraf yang menyebabkan perilaku aneh.

Menurut penelitian tersebut, semakin tinggi tingkat neurosis seseorang, semakin tinggi kecenderungannya untuk meninggal karena berbagai sebab.

Untuk beberapa alesan gw setuju. Orang yang males gaul kan lebih suka sendirian, akibatnya kalo ada apa-apa, dia lebih suka memendamnya sendiri. Gak mo di-share. Yah jadi stres lah. As simple as that.

Tapi gw juga gak setuju kalo ada anjuran “banyak-banyak gaul deh, supaya gak gampang kena penyakit jantung”. Mungkin alesan kenapa orang-orang yang supel itu jarang yang sakit jantung, karena mereka terlalu mengkompromikan standarisasi dan idealisme diri mereka sendiri demi bisa diterima di pergaulan, dan karena itulah mereka bisa ngobrol santai ama banyak orang? Kadang, hal-hal yang bikin orang gak suka bergaul adalah ketidakinginan bergaul yang dateng dari dalem diri mereka sendiri. Mungkin mereka benci kemapanan. Mungkin mereka males kalo harus sama kayak orang kebanyakan. Mungkin juga mereka adalah kaum pembenci dunia, yang anggotanya juga termasuk para band rock gahar kayak Superman is Dead atau Foo Fighters…

Menurut gw, kalo emang orang itu susah bergaul, coba deh gaul secara gak langsung. Misalnya chat via internet atau aktif ikutan forum bagus. Gak membantu secara langsung dan signifikan sih. Tapi seenggaknya dia bisa share masalahnya di blog pribadi dan orang laen bisa nolongin. Dan faktor laen supaya gak stres dan jantungan, banyakin keluar keringet (setiap hari, gimanapun caranya), minum susu dan makanan yang bergizi tinggi, makan teratur, gerakin badan, mikir positif, terus kembangkan hidup dengan berbage cara (misalnya baca blog bagus, kayak gw tadi😉 ), hmm… Jalan-jalan juga perlu tuh supaya otak gak butek.

So… Mudah-mudahan tulisan kali ini bisa ngasih pengetahuan baru.

Entry filed under: Relax, Take It Easy. Tags: .

Lagi… dan Lagi Lagi Alim

1 Comment Add your own

  • 1. anton  |  January 13, 2008 at 4:38 pm

    makasih kunjungannya ke blog saya, banyak gaul banyak rejeki, thats all

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Thank you for visiting my blog! I hope you enjoy your time here. Please forgive me for any bad words or pictures I might undeliberately put in here. Please leave some comments and thank you for coming back again.

RSS Quote of the Day

  • G. K. Chesterton
    "There is a great deal of difference between an eager man who wants to read a book and the tired man who wants a book to read."

My Tweets

Contact

Books I Love

Monthly Posts

Other Information

Click to view my Personality Profile page

Content copyrighted.


%d bloggers like this: