Tahun Baru

December 31, 2007 at 5:46 pm Leave a comment


Kurang-lebih 6 jam lagi tahun 2007 berganti tahun 2008. Sebenernya, ini cuman masalah angka aja kan?

Gak lebih dari sekedar persepsi manusia.

Pertanyaannya, apa orang-orang Cina juga ngerayain tahun baru Masehi ini? Atau orang Muslim mungkin? They have their own year system.

However, I don’t really celebrate this year changing. What am I gonna do then? Mungkin:
1. Nonton TV
2. Ngerjain tugas
3. Nonton DVD
4. Makan
5. Nulis resolusi 2008

Semuanya dilakuin di rumah, dan juga gak bersama-sama orang “tertentu”. Yah, cuman ama adek-adek dan ibu aku. Hell yeah! So what?

Mungkin banyak yang suudzon dengan beranggapan bahwa
“ah paling-paling kamu gak punya pacar..” atau
“gak ada yang ngajakin party ya? Kacian ih..” atau
“bokek ya mbak? Makanya, be rich dong!” atau
“gak dibolehin keluar ama ortu ya? Idih, gak asik!” atau
“desperate karena gak ada ide untuk ngerayain tahun baru ya? Gak bisa nemu ide acara yang fun ya? Makanya begaol dong jeng!”

Ya ya ya…

Alangkah gak bijaknya mereka yang berpikir sesempit itu. *geleng-geleng*

Sebenernya aku pengen sih sesekali ber-new year eve di luar kota, kalo bisa ngeliat fireworks sekalian, dan terutama I’m with my loved one. Gak lupa, di tangan tersedia dompet cukup tebel untuk segala macem akomodasi di jalan. Ato gak usah di luar kota juga gak papa, selama apa yang aku liat adalah sesuatu yang gak tiap hari bisa aku liat. Misalnya tiap ari aku ngeliat jalan raya dipenuhin kendaraan bermotor, nah pas malem taon baru kalo bisa aku ngeliat hal-hal yang gak tiap ari aku liat, contoh: jalan raya yang sepi, lengang, bahkan suara klak-klik lampu merah tiap berganti warna pun sangat jelas terdengar (hehe, inspirasi dari Insiden Anjing), gak seorangpun terlihat sepanjang penglihatan aku, bisa ngambilin barang-barang di toko sebebasnya dan free of charge karena para kasir atau satpam sedang berada entah dimana, dan bensin pun selalu penuh bahkan sampe luber-luber karena mbak-mbak penjaga pom bensin juga ilang. Yak, begitulah sekelumit potongan cerita film I am Legend.

Atau ngeliat bintang, tapi bukan di tempat orang banyak ngeliat bintang.. Tar malah gak istimewa lagi.. Atau naekin menara mesjid untuk melihat center view of my city, atau keliling kota naek helikopter, atau naek ke puncak gedung tertinggi dan memandang keindahan ciptaan Allah SWT, atau menanti matahari terbit di hari pertama 2008 ini…

Semua hal yang cuma bisa bikin aku mengelus dada dan menahan bicara, karena keagunganNya dan kehebatanNya menciptakan dunia sampe ribuan tahun gini.

After all we’ve got and share…

Apa semua keagungan itu pantes kalo ‘cuman’ dirayain secara megah, bahkan ‘nakal’, dengan pesta-pesta gak jelas, ato buang-buang waktu di jalan, ngebunyiin segala macem yang gak penting, nonton penampilan artis-artis dengan lagu yang itu-itu aja, atau mungkin ‘ngerusak’ diri sendiri; waste the time, money and peace?

Itu balik lagi ke pilihan tiap orang.

Tapi alangkah bijaknya kalo kita menyikapi pergantian tahun dengan hal-hal yang penuh perenungan, penuh rasa berbagi, penuh doa, penuh toleransi, dan penuh kesadaran untuk melakukan hal-hal yang baik. Baik dalam arti gak ngerusak, gak buang-buang duit, gak buang-buang waktu, gak buang-buang bensin, peduli dengan keadaan sekitar, dan di balik segala kesederhanaan itu, ada rasa syukur yang gak pernah lekang.

Gak usah terpengaruh deh ama yang serba ‘hura-hura’. Mungkin kita bisa:
1. Tulis pengalaman pribadi yang inspiratif selama tahun 2007
2. Tulis resolusi untuk tahun 2008
3. Berdoa untuk segala bencana alam, musibah, atau kejadian-kejadian tidak-mengenakkan yang lagi banyak dibahas mengenai bumi kita, semoga semua pengalaman ini bisa kita ambil hikmahnya secara bijak, dan semuanya gak usah terulang lagi, anggep semuanya adalah pelajaran, dan kalo udah terlanjur rusak, gak usah cari siapa biang keladinya ato hal-hal yang punya tendensi destruktif ato negatif; sebaliknya, cari solusinya dengan penuh tanggung jawab akan kedamaian di masa mendatang. (kok bisa ya aku nulis kayak barusan!?)
4. Bercermin ke belakang, ngeliat kesalahan-kesalahan apa yang udah dibuat, dan bikin janji ama diri sendiri supaya di 2008 kesalahan-kesalahan itu bisa jadi pelajaran mahal untuk tindakan kita menuju perbaikan.

Jadi mungkin, diem di rumah emang sesuatu yang worth it kali ya?

Dan pergantian tahun, bukankah itu salah satu tanda bahwa kiamat itu semakin deket?

Kematian juga semakin deket?

Umur semakin tua?

2008, 2009, 2010, 2011, 2012… Vaksin dr. Neville dimanfaatkan…

Siapa yang tau kejadian di film I am Legend bakal jadi nyata?

Kalo semuanya nanti terjadi dan bumi bener-bener rusak, gak satupun pesta, atau raungan motor di jalan raya, atau kembang api, atau nyanyian manis para artis, yang bisa menyelamatkan manusia dari kehancuran…

Mungkin orang berargumen, “Ini kan sekali setahun! Apa salahnya pesta dan hura-hura, toh sekali setahun ini… Sapa yang tau di malem taon baru selanjutnya kita udah mati…”

I say, justru karena setaon sekali itu lah bos, kenapa kita justru seharusnya ngelakuin hal-hal baik. Di malem yang cuman sekali dalem setaon, kalo kita ngelakuin hal-hal gak jelas, trus apa bedanya ama hari-hari biasa? Gak usah nunggu akhir taon untuk pesta ato konvoi kan? Justru kita kan jarang banget berdoa, atau memutuskan untuk berubah? Coba kalo malem taon baru diisi dengan hal-hal gak penting, tar kalo kita udah mati sebelum taon baru selanjutnya, apa gak nyesel? Penyesalan kenapa gak ngelakuin hal-hal yang bener-bener istimewa, berkesan, dan penuh khidmat ketika pergantian tahun terakhir kita?

Huh, nulis apa pula saya…

So long, and happy new year!!!

Entry filed under: Life Lessons, Relax, Take It Easy. Tags: .

Tonight First Salary! Yu-hoo!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Thank you for visiting my blog! I hope you enjoy your time here. Please forgive me for any bad words or pictures I might undeliberately put in here. Please leave some comments and thank you for coming back again.

RSS Quote of the Day

  • G. K. Chesterton
    "There is a great deal of difference between an eager man who wants to read a book and the tired man who wants a book to read."

My Tweets

Contact

Books I Love

Monthly Posts

Other Information

Click to view my Personality Profile page

Content copyrighted.


%d bloggers like this: