Perpustakaan Ajaib

November 11, 2007 at 2:02 pm 2 comments


Ya ampun, ngakunya penggemar buku dan nge-claim bahwa “gak-bisa-idup-tanpa-buku”, gak taunya di blog sendiri gak pernah nulis segala macem tentang buku… Huh! Mo jadi apaan kamu Fansi? Liar liar… Gak kok, gw asli pencinta buku. (tanya Aldo kalo gak percaya! Huh!)

Ya udah, ini sedikit review tentang sebuah buku yang baru-baru ini gw beli karena iseng. Biar iseng, gw anti beli buku-buku yang ceritanya mungkin keren tapi gak menimbulkan motivasi ato inspirasi dalam hidup gw. Jadi misalnya ada novel karangan Sophie Kinsella yang bagus itu, tapi gw gak beli walopun pengen, yah gak tau juga, mungkin gw pikir akan jauh lebih berbobot kalo gw belajar dari cerita-cerita tentang kehidupan dan hal-hal yang sastrawi (ada gak istilah kek gitu?) yang gak terlalu mudah dicerna tapi sekali kita nangkep maksud pengarangnya, efeknya bisa lebih dalem daripada jatuh cinta *apa sih!?*.

Jadi, judul buku yang gw review kali ini adalah: Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken. Ditulis oleh Jostein Gaarder dan Klaus Hagerup. Yup, di postingan sebelumnya, gw gaya nyebut judulnya pake bahasa Inggris. Padahal yang gw baca asli bahasa Indonesianya, terbitan Mizan, tahun 2006. Baca judulnya aja udah ajaib kan? Apalagi kalo kalian baca kalimat-kalimat provokatif di backcovernya. Bikin pengen beli. Dan emang gak rugi deh.

Gw review aja ya? Biar penasaran.

CoverSepasang sodara sepupu yang tinggal di Norwegia, Berit dan Nils Torgersen, melakukan komunikasi dalam bentuk yang unik: mereka saling berkirim surat tapi surat-surat itu ditulis dalam sebuah buku. Jadi di awal komunikasi, Berit beli buku biasa gitu, yang ada gemboknya (gw ngebayangin buku harian), untuk dia tulisin seperti nulis surat, dan kemudian buku itu (beserta kunci gemboknya) dia kirim ke Nils yang tinggal di pulau seberang. Mereka akrab banget. Gak ada yang boleh baca buku-surat itu kecuali mereka. Tiba-tiba mereka mencurigai seorang wanita aneh yang entah kenapa sering banget tiba-tiba ketemu mereka, kemanapun mereka pergi, dan mereka saling mengungkap rasa kaget, takut, bahagia dsb itu lewat buku-surat. Sebenernya semua kecurigaan akan keanehan itu gak lebih sebagai persepsi mereka sendiri, tapi karena imajinasi dan kecerdasan mereka, hal-hal yang seharusnya luput dari perhatian eh malah jadi dibahas berlebihan. Bahkan kadang gak masuk akal, namun mereka percaya gak ada yang gak masuk akal selama hal itu menjadi salah satu kemungkinan. Apa yang gak mungkin? Sampe akhirnya mereka menemukan bahwa ada sebuah perpustakaan aneh dan misterius yang dibuat wanita itu, Bibbi Bokken, dan mereka pun berniat mencari dan menemukannya dengan cara mereka sendiri.

Sepanjang perjalanan mencari tau itu, banyak kisah-kisah mengerikan, orang-orang aneh, kebetulan-kebetulan menarik, dan lain-lain yang semakin meningkatkan level konspirasi mereka. Berasa jadi detektif gitu deh.

Trus?

Berhasilkah misi pencarian perpustakaan misterius itu tercapai?

Baca sendiri deh, asli keren banget, dan poin penting buku ini adalah: menambah pengetahuan. Banget. Semua bagian. Gak cuman cerita, tapi juga penulisan, lokasi, tokoh dan plot. Anak-anak sekarang perlu banget tuh baca buku ini–generasi muda kita itu. Buku ini bener-bener motivatif dan inspiratif–yipppe, gw gak salah beli! Ini salah satu koleksi emas gw!😀

So… so long.

Entry filed under: Books. Tags: .

The Magic Blogtheque of Ma-Menace For the Evilth Time It’s Happening Again

2 Comments Add your own

  • 1. oa050051  |  November 11, 2007 at 6:50 pm

    Duh…buku baru ney…ciieeeee

    gak ajak2 ney wktu beli😦

    Reply
  • 2. aLdo  |  November 12, 2007 at 6:21 pm

    iya, gw menegaskan lagi, fansi penggemar buku koq.. apalagi kalo’ mau minjemin buku ini ke gw…🙂

    okeh?!?!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Thank you for visiting my blog! I hope you enjoy your time here. Please forgive me for any bad words or pictures I might undeliberately put in here. Please leave some comments and thank you for coming back again.

RSS Quote of the Day

  • Al Franken
    "Mistakes are a part of being human. Appreciate your mistakes for what they are: precious life lessons that can only be learned the hard way. Unless it's a fatal mistake, which, at least, others can learn from."

My Tweets

Contact

Books I Love

Monthly Posts

Other Information

Click to view my Personality Profile page

Content copyrighted.


%d bloggers like this: